Selasa, 13 Agustus 2013

Share Pengalaman : Kuliah Bahasa Jerman

Setelah beberapa kali memcoba membuat blog, akhirnya saya putuskan bahwa blog ini hanya akan saya jadikan sebagai tulisan pribadi saya tidak terlalu resmi, berisi pengalaman, gambaran atau pengetahuan saya yang sifatnya tidak terlalu resmi dengan gaya bahasa yang saya buat seakrab mungkin :-). Sementara untuk blog Kursus Bahasa Jerman dan Sharing Pengatahuan Bahasa Jerman saya bisa mengunjungi website saya belajar-jerman.com

Adakalanya saya bakal mengingat-ingat bagaimana masa-masa saya berkuliah Pendidikan Bahasa Jerman mulai tahun 2002 - 2007 di salah satu kampus pencetak guru di Jakarta Universitas Negeri Jakarta. Ya di kampus inilah saya berjuang meraih gelar sarjana saya dengan suka dan duka bersama kawan-kawan saya selama hampir 5 tahunBarangkali bagi sebagian orang kuliah 5 tahun itu hal yang tidak biasa dan bahkan dianggap "bodoh" oleh sebagian orang, karena memang yang sering terdengar itu untuk menempuh Sarjana perguruan tinggi seseorang biasanya menyelesaikannya dalam 4 tahun, bahkan ada yang sangat cepat dengan 3.5 tahun.

Hahaha, ya orang boleh beranggapan demikian atau seperti itu, tetapi bagi kami para mahasiswa jurusan kami atau bagi yang pernah berkuliah di tempat kami dan tidak selesai :-) hal tersebut adalah hal yang normal / biasa. Karena amat sangat jarang mahasiswa kami yang dapat menempuh kuliah / kelulusan dengan waktu 4 / 4.5 tahun. Ukuran lulus kuliah dengan waktu 5 tahun adalah  hal yang boleh dikatakan menempuh kuliah dalam waktu singkat. 6-7 tahun bahkan menjadi hal yang biasa untuk lulus dari jurusan kami, hehe (Peace ya ibu dosen bukan bermaksud menjelek-jelekkan jurusan yang saya sangat cintai ini, tetapi saya hanya mengatakan hal sebenarnya ya bu) :-)

Kuliah lama dan mengalami masa lulus yang sangat sulit membuat/ membentuk kami menjadi pribadi yang lebih kuat pemahaman bahasa jermannya dan semakin memperat persaudaraan diantara kami para mahasiswa , - ada yang berpendapat semakin kita merasa sama-sama tersika, maka makin erat persaudaraan diantara kita :-)

Masih terbayang dan akan sangat saya ingat ketika masa-masa kuliah saya mendekati akhir / skripsi, kita akan saling bercerita tentang kuliah kita satu sama lain, saling mendengarkan, bahkan tak lupa kadang kita sampai malam bisa berkumpul di jurusan kita tercinta untuk membicarakan apapun yang berkaitan dengan kuliah kita

Pengalaman 'lulus kuliah' dengan susah juga semakin menguatkan keyakinan saya bahwa mahasiswa lulusan dari perguruan / kampus kami bukan lah lulusan 'ecek-ecek" dengan kategori lulus yang sekedarnya, bahkan banyak yang akhirnya tidak dapat menyelesaikan kuliah sampai akhir dikarenakan memang sulitnya mendapatkan gelar sarjana dari kampu kami, sekedar contoh mahasiswa angkatan saya yang diterima di kampus hampir 34 orang tetapi yang bisa menyelasikan gelar sarjananya hanya kurang lebih setengah dari angka tersebut :-)

Bagaimanapun keadaan dan kondisi kampus saya sekarang saya akan dan tetap mencintai kampus saya serta mengharga para dosen-dosen saya, karena kalian semua telah memberikan saya ilmu yang akhirnya dapat saya jadikan mata pencaharian selama 7 tahun ini :-)

Mau tau sharing pengetahuan bahasa jerman, sebagai rasa terima kasih saya, tetap ikuti update tulisan saya khusus bahasa jerman hanya di belajar-jerman.com

Chairulah Mukmin, S.Pd

Tidak ada komentar: