Sabtu, 16 Maret 2013

Seminar : Gathering dan Sinergi Bimbel dan Les Privat Sejabodetabek

Hari ini baru pulang dari Gd. Sarinah Lt. 14 diajak seminar sama Kak Beky " Gathering dan Sinergi Bimbel dan Les Privat Sejabodetabek, dan hasilnya sangaaatttt luar biasaaa... Terima Kasih buat Kak Beki dan Mas Irvan ...

Hasil seminar kurang lebih yang saya dapatkan seperti ini, bahwa sinergi ini adalah sangattttt diperlukan. Ini selama ini membalikkan pola pikir saya yang menganggap lembaga lain adalah sebuah kompetitor / pesaing, ternyata itu salah, sebagai contoh kita bandingkan usaha fotokipo di lingkungan kampus yang bergitu menjamur. Apakah mereka menganggap 1 sama 1 sebagai saingan ??? Jika jawaban Anda Ya, maka sebaiknya ubahlah pola pikir Anda, Anda bandingkan bagaimana ramainya tukang fotokopi di lingkungan kampus, apakah tidak semua fotokopi itu mendapatkan bagian fotokopi ??? Ya pasti semua mendapatkan bagiannya, karena begitu besar kebutuhan fotokopi di lingkungan kampus itu.

Begitu pula di bisnis bimbel atau les privat, menurut hasil survei yang akurat yang dilakukan oleh TUTOR, bahwa angka untuk pendidikan di Indonesia secara nasional setelah dilakukan riset yang sangat mendalam, yakni hampir 10 Triliun untuk tahun 2012 dengan pertambahan sekitar 10% setiap tahunnya. Ini tentunya tidak akan mampu di ambil sendiri oleh 1 atau 2 lembaga bimbel itu sendiri. Nah disinilah perlunya sinergi antar lembaga, karena jika KUE 10 Triliun dibagi bersama-sama pun pastinya masih akan tersisa bukan ??? Hehe,

Banyak hal lain yang saya dapatkan selain tentang sinergi tersebut, misalnya masalah range harga yang selama ini jadi pertanyaan saya, ternyata harga saya masih masuk akal di banding para sesepuh/senior saya yang mantarifkan sampai Rp. 300.000 / sesinya, hehehe

Diakhir pertemuan kami berencana membuat semacam asosiasi yang menaungi seluruh lembaga kursus yang ada, harapan saya itu segera terwujud dan terealisasikannn.. hehe. Salam Sukses Buat Semua

Auf Wiedersehen

Tidak ada komentar: