Senin, 11 Maret 2013

Tips dan Trik Belajar Bahasa Jerman

Jakarta, 11 Maret 2013

Tips dan Trik Belajar Bahasa Jerman

Sebenarnya mata ngantuk, tetapi karena tuntutan harus buat minimal 15 posting terpaksa buka laptop lagi deh, :-)

Langsung aja sesuai judulnya ane mau berbagi Tips dan Trik Belajar Bahasa Jerman. Pengalama ini ane ambil dari diri ane sendiri serta gabungan dari teman-teman ane selama hampir kurang lebih 4.5 tahun kita belajar bahasa jerman

Beberapa point yang harus kawan-kawan perhatikan dalam belajar bahasa jerman :
  1. Jangan pernah anggap susah : Ini point pertama dalam belajar bahasa jerman, sebenarnya sama seperti kita belajar bahasa asing lainnya sih ; bahasa inggris, prancis, arab, jepang dll, jika dari awal pelajaran kita sudah menganggap susah maka saran saya berhentilah dari sekarang !!! hehe kidding
  2. Jangan bandingkan dengan bahasa asing lainnya : banyak dari kita yang pastinya sudah belajar bahasa asing sebelum belajar bahasa jerman ; bahasa inggris misalnya. Banyak contoh yang ada dari kawan-kawan maupun senior saya, membandingkan bahasa inggris dengan bahasa jerman hanyalah malah membuat pusing dalam belajar, bukan semakin memudahkan dalam mengingat, so kalo belajar bahasa jerman lupakan yang lain yaa :-)
  3. Buat rumus / note atau catatan kecil mengenai grammatik jerman ; Grammatik bahasa jerman adalah termasuk yang tersusah dalam pelajaran bahasa asing, bahkan di kalangan pembelajaran bahasa jerman ada istilah Deutsche Grammatik ist wie eine Mathe , yang artinya kurang lebih "Grammatik Bahasa Jerman ialah seperti Mathematika", hehehe. Kenapa ada anggapan seperti itu ? Yaaaa jika Anda sudah belajar bahasa jerman Anda juga pasti akan mengetahuinya sendiri, hehe
  4. Langsung bertanya jika tidak mengerti ; Grammatik bahasa jerman itu bukanlah kesatuan tetapi sifatnya bertingkat, jika grammatik tingkat dasar Anda tidak kuasai secara penuh jangan harap Anda akan mengerti pembahasan grammatik di bab selanjutnya. Oleh karena itu jika ada yang tidak mengerti saat pembelajaran. Segera tanyakan atau Anda akan sesat di jalan, hehe
  5. Seringlah mendengar kaset/cd berbahasa jerman ; Ini adalah hal yang boleh dibilang lucu dan ini adalah kejadian nyata saya dan teman-teman kami ketika belajar bahasa jerman. Apa ituuu ??? Savat itu kami belajar bahasa jerman masih belum menggunakan CD seperti sekarang, tetapi masih memakai kaset, maka ketika ujian mendengar pada awal kuliah hampir sebagian besar nilai kami jeblok, karena memang menurut saya horen / mendengar adalah bagian paling sulit dalam belajar bahasa jerman. Setelah hampir 1 kelas kami dimarahi oleh dosen, maka berbondong-bondong kami segera membeli walkman agar kami bisa menyetel kaset bahasa jerman. Semenjak saat itu kami seperti orang gila yang kemana-mana selalu memakai walkman dan mendengarkan kaset bahasa jerman. haha. Cerita lucu juga saya sampai menaruh kaset bahasa jerman di mobil saya, kemanapun saya pergi pasti kaset itu yang saya setel, jika ada penumpang di mobil saya mereka biasanya mengeluh kesal dengan saya karena merasa terganggu, hahaha. Tapi saya tak perduli biar saja yang penting saya mengerti bahasa jerman, wkakaka
  6. Gunakan bahasa Anda ; Saya sampai membuat semacam perjanjian dengan kawan-kawan saya bahwa setiap hari senin kita harus berbicara dengan teman-teman saya dengan berbicara bahasa jerman, dan jika ada terselip 1 katapun bahasa indonesia / selain jerman dikenakan denda Rp. 100,- / huruf. Pernah suatu ketika kita mendapat sampai Rp. 20.000 dan akhirnya uang denda tersebut kita belikan gorengan, hehe
Saya rasa demikian sekilas info dari saya mengenai Tips dan Trik Belajar bahasa Jerman, mudah-mudahan bisa membantu untuk pembelajar awal atau bagi yang baru mau akan belajar bahasa Jerman yah. Besok saya lanjut lagi

Auf Wiedersehen


Tidak ada komentar: