Selasa, 12 Maret 2013

Tips & Trik Mengajar Bahasa Jerman (1)

Jakarta, 12 Maret 2013

Tips & Trik Mengajar Bahasa Jerman (bag. 1)

Pertama-tama dengan tidak bermaksud menggurui dan menyuruh bagi para pemberi pelajaran lainnya, :-). Ini hanyalah sebuah pengalaman batin, hati dan perasaan yang saya alami selama mengajar bahasa jerman semenjak 2006 :-). Jika ada atau terdapat yang sependapat atau tidak atau sifatnya mau menambahkan saya akan dengan hati menerimanya, hehe, karena kata orang-orang bijak "Orang menjadi paling bodoh sedunia jika ia sudah merasa dirinya pintar CMIFW

Langsung saja kita ke TKP :
  1. Kenali siswa Anda ; Ini hal kayanya gak hanya di bahasa jerman saja deh menurut saya. Sebagai seorang pengajar kita harus mengenali siswa ; daya tangkap dan sifat/kepribadian siswa haruslah dikenali oleh seorang pengajar. Kita sebagai pengajar tidak bisa menyamaratakan siswa kita, dalam artian Cara Mengajar Siswa Yang Satu Sama Yang Lain. Dengan mengerti / mengenali siswa akan banyak manfaat yang kita dapat, menghemat waktu belajar, menumbuhkan minat siswa lebih besar dan membuat siswa senang belajar bahasa jerman.
  2. Buat Rangkuman Grammatik ; Ini adalah pengalaman pribadi saya, sampai-sampai ada beberapa sekolahan yang menggunakan Rangkuman Grammatik saya sebagai panduan mereka mengajar, hehe, gapapa mudah-mudahan jadi amal soleh saya saja yang pahalanya mengalir terus-menerus, hehe. Mengapa seorang pengajar harus membuat rangkuman Grammatik ? Bukankah pada bagian akhir buku biasanya terdapat juga Rangkuman Grammatik ? Jawabannya adalah ... Di tiap buku pelajaran bahasa jerman memang terdapat rangkuman grammatik, cumakan ya itu, itu dibuat secara umum. Saya sudah sampaikan di atas, kita harus mengenali siswa kita, maka kita juga harus mengenali diri kita, kemampuan kita, sehingga menurut saya sebagai seorang pembelajar kita perlu untuk membuat rangkuman grammatik versi kita sendiri dengan kemampuan kita sendiri, sehingga memudahkan kita dalam menyammpaikan materi yang saya sebutkan di postingan sebelumnya sangat sulit :-)
  3. Pembelajar tidak boleh berhenti belajar ; Ini pernah terjadi di saya ketika mengajarkan grammatik, dan ada siswa yang bertanya tetapi saya tidak bisa menjawab, hahaha sayapun menertawakan diri saya, jangankan Anda. Tetapi setelah bertukar pikiran dengan kawan saya ternyata jawabannya sangat mudah dan tidak pernah terfikirkan oleh saya :-)
  4. Rajin-rajin mendengar kaset jerman / berbicara bahasa jerman : Ya sebagai seorang pembelajar hendaknya selalu berusaha untuk memperbaiki bahasa jermannya, jangan pernah lupa untuk mendengarkan / berbicara bahasa jerman
  5. Ajak siswa mengikuti kegiatan-kegiatan yang bernuansa jerman ; Sekali-sekali kita perlu memperkenalakan siswa kepada hal-hal yang bernuansa jerman ; mengunjungi goethe institut, mengikuti lomba-lomba bahasa jerman yang banyak di adakan di kampus-kampus atau menonton pemutaran film jerman
Saya kita 5 point dulu yang saya sampaikan, jika nanti ada ide yang menurut saya perlu disampaikan saya akan sampaikan dalam kesempatan yang lain lagi

Auf Wiedersehen

Tidak ada komentar: