Minggu, 10 Maret 2013

Pengalaman Mengajar Bahasa Jerman Khusus A1 (Start Deutsch 1)

Jakarta, 10 Maret 2013

Pengalaman Mengajar Bahasa Jerman Khusus A1 (Start Deutsch 1)
Bukan bermaksud untuk menggurui atau merasa paling jago bahasa jerman nih ya teman-teman :-) Sekedar berbagi aja sekalian latihan menulis dan berharap blog ini bisa berguna buat yang lainnya, hehe
Ane kasih judul di atas, karena ane mau mengkhususkan pengalaman mengajar bahasa jerman ane saja untuk persiapan ujian a1, kalo ada waktu n minat nulis lagi ane tulis lagi pengalaman mengajar ane di sekolah, di kantor maupun privat umum.
Menyambung cerita ane yang semalem gan, kalo agan-agan nyimak :-) mulai saat ini ane mensyaratkan agak ketat gan untuk ane terima murid buat persiapan A1 (gaya macam PNS aja yah ane gan), yakni PENDIDIKAN TERAKHIR, DOMISILI dan PEKERJAAN. Kenapa ane mensyaratkan 3 point tersebut ??? Yah belajar dari pengalaman kemarin gan, ane gak mau, eh kalau bisa, gak nemuin lagi murid kaya mbak-mbak yang ane ceritain semalam (maaf ya mbak di omongin mulu :-)), tetapi kalo Allah kasih lagi murid kaya gitu sih yahhhh mau gimana lagi, mungkin rejeki ane juga kali, hehe
Kenapa ane mensyaratkan Pendidikan Terakhir, Domisili dan Pekerjaan buat peserta yang mau ane didik buat Program Persiapan Ujian A1 ? Yah tidak lain dan tidak bukan adalah biar memudahkan ane mengajar, hehe, serta biar peserta juga bisa cepet-cepet ke jerman :-). 
Point pertama pendidikan, ane mensyaratkan minimal pendidikan adalah SMA atau setara dengannya, dan itupun jangan jauh-jauh amat lulusnya, misalnya lulus SMA tahun 1984. Hadooohh kalo kaya gitu mah ane bisa angkat tangan duluan, bisa-bisa urat leher ane naek kalo dapet murid macam gini lagi :-)
Yang kedua domisili, ane gak nutup kemungkinan dipanggil ke luar daerah, walaupun selama ini sepak terjang ane masih di lingkungan JABODETABEK aja sih, tetapi dengan catatan luar daerahnya KOTA BESAR, kalo kota yang agak jauh ke pedalaman kayanya perlu negosiasi khusus dan pemikiran yang matang lagi deh ane, :-). Bukan apa-apa teman, sudah menjadi hal yang umum dan lumrah, bahwa pemikiran masyarakat di KOTA BESAR lebih maju dan lebih dapat menerima hal-hal baru dibandingkan dengan orang yang tinggal agak jauh dari kota besar.
Poin ketiga adalah Pekerjaan, ane pasti bertanya dulu, apa pekerjaan calon siswa ane ? kuliah atau kerja di kantor, ane yakin lebih mudah menerima pelajaran ane, bahkan ane berani beri jaminan gak sampe sebulan, sekitar 3 minggu ane bisa cetak orang itu intensif buat persiapan ujian bahasa jerman di goethe institut. Tetapi kalo pekerjaannya bukan dikantoran yang kalo boleh ane bilang lebih mengandalkan tenaga ane harap ane dikasih waktu yang agak lama yah buat mengajarinya, :-)
Pengalaman mengajar ane gan selama 3 point tersebut dipenuhi ane berani jamin orang tersebut lulus ujian a1 di goethe institut dengan waktu belajar intensif maksimal 3 minggu, jadi gak usah lama-lama belajar gan n bisa ikut ujian dengan kondisi ingatan pelajaran yang masih hangat :-)
Sekian dulu ya teman-teman nanti disambung lagi, istri ane ngajakin keluar transfer duit :-) Transfer mulu kapan ditransfernya ya, hehe     
Auf Wiedersehen    

Tidak ada komentar: